JENIS KEGIATAN SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KEMLOKO KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN


Tri ‗Ulya Qodriyati , 1201411026 (2015) JENIS KEGIATAN SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KEMLOKO KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201411026-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (a) mendeskripsikan jenis kegiatan program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (PNPM-MPd) pada tahun 2015, (b) mendeskripsikan bentuk kegiatan SPP, (c) mendeskripsikan indikator peningkatan pemberdayaan ekonomi anggota SPP di Desa Kemloko Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 10 informan, yang terdiri dari 8 subyek primer yaitu 6 pemanfaat SPP, 1 KPMDP (Kader Pemberdaya Masyarakat dan Desa Pemberdayaan) sekaligus Ketua Kelompok SPP, serta 1 Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa Kemloko. Serta 2 subyek sekunder yang terdiri dari 1 Ketua UPK (Unit Pengelola Kegiatan) dan Kepala Desa Kemloko. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Keabsahan data yang digunakan trianggulasi data atau sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan meliputi jenis kegiatan sarana prasarana berupa talud jalan, jalan rabat beton, pendidikan berupa gedung TK, PKH (Peningkatan Kapasitas Hidup) dan SPP (Simpan Pinjam Perempuan). Tahun 2014 Desa Kemloko hanya mendapatkan dana SPP dari PNPM Mandiri Perdesaan hingga 2015 ini SPP tetap berjalan sebagai keberlanjutan aset PNPM Mandiri Perdesaan. Bentuk kegiatan SPP di Desa Kemloko, mencakup (1) penambahan modal, dan (2) pengembangan bentuk usaha. Peningkatan kemampuan ekonomi yang diperoleh melalui PNPM Mandiri Perdesaan meliputi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan-kebutuhan pendidikan anaknya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa: SPP (Simpan Pinjam Perempuan) sebagai PNPM Mandiri Perdesaan di tahun 2015 ini merupakan keberlanjutan dari aset PNPM Mandiri Perdesaan yang harus dilanjutkan. Walaupun PNPM sudah selesai programnya, dana di Kecamatan harus tetap dikembangkan dengan usaha-usaha nyata dan tetap dirasakan oleh pengelola dan pemanfaat SPP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Simpan Pinjam Perempuan (SPP), Pemberdayaan Masyarakat, PNPM Mandiri Perdesaan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 14:49
Last Modified: 14 Nov 2015 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item View Item