PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN STUDENT HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS XI


Rena Retnoningsih , 4201411097 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN STUDENT HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411097-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penguasaan konsep siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Majenang pada tahun ajaran 2014/2015 masih rendah, hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai ujian akhir semester 1 kurang dari KKM. Tujuan penelitian meliputi: mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep, mendeskripsikan peningkatan kerja ilmiah dan mendeskripsikan hubungan model pembelajaran guided inquiry berbantuan student handout dengan peningkatan kerja ilmiah. Model pembelajaran guided inquiry berbantuan student handout merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Dalam pembelajaran ini, guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan laboratorium dan diskusi dalam menemukan konsep fisika. Sehingga pengetahuan yang diperoleh dengan hasil pemikiran dan pengalaman sendiri akan lebih mudah diingat. Selain itu, pada kegiatan laboratorium terdapat aspek psikomotorik yang dapat dikembangkan berupa kerja ilmiah. Berdasarkan hal tersebut, maka model pembelajaran guided inquiry berbantuan student handout dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kerja ilmiah. Pelaksanaan penelitian menggunakan pre-test pos-test one group design. Populasi peneltitian meliputi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Majenang tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 dipilih sebagai kelas eksperimen dan tidak terdapat kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes dan non-tes yang dianalisis dengan menggunakan uji gain, uji t dan uji regresi. Hasil penelitian meliputi: hasil uji gain terhadap peningkatan penguasaan konsep diperoleh <g>=0,733 mencapai kriteria tinggi, hasil uji gain terhadap peningkatan kerja ilmiah diperoleh <g>=0,3 dari tahap 1 ke tahap 2 mencapai kriteria sedang, <g>=0,28 dari tahap 2 ke tahap 3 mencapai kriteria rendah dan <g>=0,5 dari tahap 1 ke tahap 3 mencapai kriteria sedang. Selain itu, hasil uji hipotesis hubungan model pembelajaran guided inquiry berbantuan student handout dengan peningkatan kerja ilmiah diperoleh nilai r=0,5625 dan koefisein determinasi r2 =(0,563)2 =0,31645, yang menunjukan hubungan positif dengan pengaruh sebesar 31,645%. Student concept mastery of class XI in SMA Negeri 1 Majenang academic year 2014/2015 are still on low criteria, showed by the average of test result in the first semester is less than minimal completeness criteria. The aims of research consist: to describe the raising of concept mastery, to describe the raising of scientific skill and to describe the relationship between guided inquiry learning model by helping student handout with the raising of scientific skill. Guided inquiry learning model by helping student handout is one of learning model that can be applied on physics learning. In this learning, teacher guides students to do laboratorium activities and discussion on discovering physics concept. So, knowledge obtained by thinking results and self experience will be remembered easily. Beside that, on the laboratorium activities, there is psychomotoric aspect that can be improved, is scientific skill. Depend on the previous descriptions, so guided inquiry learning model by helping student handout can increase concept mastery and scientific skill. The research was implemented using pre-test pos-test one group design. The population was student of class XI Science SMA Negeri 1 Majenang academic year 2014/2015. Samples were taken by purposive sampling technique, i.e. sampling technique by certain consideration. Class XI Science 2 and XI Science 3 were choosen as experiment class and there was not control class. The data were obtained by test and non-test method that were analyzed by N-Gain, t test and regression test. The results of this research consist: the raising of concept mastery by using N-gain obtain <g>=0,733 reachs high criteria, the raising of scientific skill by using N-gain obtain <g>=0,3 from first phase to second phase reachs medium criteria, <g>=0,28 from second phase to third phase reachs low criteria and <g>=0,5 from first phase to third phase reachs medium criteria. Then, the hypothesis test result of the relationship between guided inquiry learning model by helping student handout with the raising of scientific skill obtains r=0,5625 and determination coefficient r2=(0,563)2=0,31645, that shows positive relationship with influence 31,645%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry, student handout, penguasaan konsep fluida statis, kerja ilmiah. Guided inquiry, student handout, concept mastery of static fluid, scientific skills.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 09:24
Last Modified: 14 Nov 2015 09:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22531

Actions (login required)

View Item View Item