LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA


Evita Rahmawati , 4201411073 (2015) LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411073-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika melibatkan proses sains dalam memperoleh suatu konsep. Keyataannya belum semua guru menerapkan proses pembelajaran tersebut, yakni siswa mendapatkan pemahaman mengenai konsep fisika masih dari penjelasan guru. Agar siswa ikut terlibat aktif serta dapat memperoleh pengetahuannya secara mandiri, maka dibutuhkan bantuan sumber belajar yang dapat meminimalkan peran guru. Salah satu sumber belajar yang ditawarkan adalah LKS. LKS dapat digunakan untuk membantu siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang di dalamnya melibatkan proses sains. Penggunaan LKS dapat pula didukung oleh penerapan model pembelajaran yang menuntun siswa mendapatkan pengetahuannya secara mandiri. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah PBL. Selain itu, agar siswa lebih mudah dalam mengingat dan memahami suatu konsep, maka perlu diterapkannya strategi belajar bermakna pada LKS. Strategi yang dapat digunakan yaitu peta konsep, yakni strategi pembelajaran yang juga efektif mengurangi teknik belajar menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk LKS berbasis PBL berbantuan peta konsep, mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan LKS. Penelitian pengembangan ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk one-Group pretest-posttest design. Prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) rancangan, dan (3) pengembangan produk. LKS diuji kelayakan menggunakan angket dan keterbacaan diuji menggunakan tes rumpang. Data peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui hasil pretest dan posttest. LKS ini memiliki karakteristik praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKS sangat layak digunakan sebagai panduan pembelajaran fisika. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa LKS mudah dipahami. LKS dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, Problem Based Learning, peta konsep, kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 08:58
Last Modified: 14 Nov 2015 08:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22529

Actions (login required)

View Item View Item