IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA


Amilatun Nasikhah, 4201411072 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411072-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan metakognitif dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan perkembangan karakter siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest and posttest design dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket (penilaian diri), lembar observasi (penilaian antar teman dan penilaian guru) dan tes uraian pokok bahasan fluida statis. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji gain kemampuan berpikir kritis dan perkembangan karakter serta uji signifikansi. Hasil uji normalitas data menunjukkan thitung < ttabel, sehingga data berdistribusi normal. Hasil uji gain kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator memfokuskan pertanyaan menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,6; menganalisis argumen sebesar 0,6; bertanya dan menjawab pertanyaan sebesar 0,5; membuat dan menentukan hasil pertimbangan sebesar 0,6; serta menentukan suatu tindakan sebesar 0,2. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 0,5 dengan kriteria sedang. Sedangkan hasil uji gain pada karakter mandiri menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,5; tanggung jawab sebesar 0,5; percaya diri sebesar 0,3 dan kerja keras sebesar 0,4. Rata-rata peningkatan karakter siswa yaitu sebesar 0,4 dengan kriteria sedang. Selanjutnya hasil uji signifikansi menunjukkan thitung > ttabel, sehingga perbedaan hasil pretestposttest dinyatakan signifikan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pendekatan metakognitif dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan mengembangkan karakter siswa. This research is aimed to determine the effect of the implementation of metacognitive approach in the physics laboratory activities based on guided inquiry to improve critical thinking skills and to develope students character. The design used in this research is one group pretest and posttest design with purposive sampling technique. The research instrument was a questionnaire (selfassessment), observation sheets (peer assessment and teacher assessment), and essay test about static fluid. Analysis of the data used was normality test, gain test of critical thinking skills and character development, and so significance test. The results of data normality test showed that tcalculate > ttable, it means the results of pretest and posttest have normal distribution. The gain test of critical thinking skills on the indicator of focus questions showed an improvement of 0.6, analyze the arguments of 0.6, asking and answering questions 0.5, create and determine the results of the consideration of 0.6 and determine a course of action of 0.2. The average of critical thinking improvement of 0.5 or by the medium criteria. While the gain test of independent character showed an development of 0.5, responsibility of 0.4, confidence of 0.3, hard work of 0.4. The average of students character improvement of 0.4 or by the medium criteria. Furthermore, the significance test showed that tcalculate > ttable, so the results of pretest and posttest differences is significant. Based on the analysis results showed that the implementation of metacognitive approach in the physics laboratory activities based on guided inquiry have a significant effect in improving critical thinking skills and also developing students character.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan metakognitif, kegiatan laboratorium inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, karakter metacognitive approach, guided inquiry laboratory activities, critical thinking skills, character
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 08:53
Last Modified: 14 Nov 2015 08:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22528

Actions (login required)

View Item View Item