PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA


Septi Oktafiana, 4201411069 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411069-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pustaka didapatkan bahwa kemampuan berpikir kreatif sangat penting dimiliki oleh siswa, sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dapat dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar yang didesain menggunakan metode pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis guided inquiry yang layak dan mudah dipahami oleh siswa serta dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods. Desain penelitian yang digunakan adalah eksplanatori sekuensial yaitu penelitian kuantitatif dilanjutkan dengan penelitian kualitatif. Uji coba skala besar menggunakan Pre-Experimental Design berbentuk One Pretest Posttest. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan layak digunakan sebagai suplemen pembelajaran IPA dengan persentase skor kelayakan sebesar 88%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar mudah dipahami dengan persentase skor keterbacaan sebesar 90,80 %. Rata-rata nilai gain berpikir kreatif sebesar 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika berbasis guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Based on the result of literature study, it is found that the abilities to think creatively are crucial to be owned by the students, so it is necesary to be increased. Increasing of creative thingking abilities can be improved with teaching materials designed based guided inquiry teaching methods. This research purposed to obtain teaching material based on guided inquiry is feasible and easly understood by students. It also can be used to increase the creative thingking. This research used mixed methods with sequential exsplanatory design namely quantitative research followed by qualitative research. Large scale trial using an Pre-Eksperimental Design form one group pretest posttest. The test results showed that the feasibility of teaching materials fit for used as a supplement the learning of physics with percentage of 88%. The test result showed that the readability of teaching materials easy to understand with percentage 90,80%. Average value of creative thinking gain of 0,69 is included in the category of medium. Based on the result of this research, concluded that the physics teaching materials based on guided inquiry can improve the creative thingking ability of students.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Guided Inquiry, Berpikir Kreatif. teaching material, guided inquiry, creative thingking.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 08:29
Last Modified: 14 Nov 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22526

Actions (login required)

View Item View Item