PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER KONSERVASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA SMA


Nur Hidayah , 4201411050 (2015) PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER KONSERVASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411050-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fakta di lapangan, banyak siswa yang menyukai fisika, tetapi kurang menguasainya. Siswa beranggapan bahwa fisika adalah mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari karena banyaknya rumus dan hitung-hitungan. Siswa cenderung untuk menghafalkan rumus-rumus, dan sayangnya mereka kurang memahami konsepnya. Diduga rendahnya pemahaman konsep siswa tentang fisika dipengaruhi oleh karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan kerja ilmiah siswa SMA dengan menerapkan nilai-nilai karakter konservasi. Penelitian ini menerapkan nilai-nilai karakter konservasi dalam kegiatan eksperimen. Untuk kelas eksperimen yaitu X-MIA.4 diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menerapkan nilai-nilai karakter konservasi, sedangkan untuk kelas kontrolnya yaitu kelas X-MIA.3 diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa menerapkan nilai-nilai karakter konservasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji gain ternormalisasi <g>, diperoleh peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,56 dan kelas kontrol sebesar 0,48 dengan keduanya kategori sedang yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Harga <g> keterampilan kerja ilmiah untuk masing-masing kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,43 dan 0,31. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menerapkan nilai-nilai karakter konservasi efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan kerja ilmiah siswa SMA. The fact shows that a lot of students like physics, but they are not able to master it. Students assume physics is a difficult subject because there are many formulas. Students tend to memorize the formulas, and unfortunately their concept comprehension is low. On the other hand, the low concept comprehension of the students at physiscs is influenced by students character. This research aims to know the effectiveness of increase the concept comprehension and scientific work skill of senior high school students by applying conservation character values. This research applying conservation character values in doing the experiment. The experimental group in this study is X-MIA 4 which is using guided inquiry learning by applying the conservation character values, while for the control group is X-MIA 3 which is by using guided inquiry learning without applying the conservation character values. Based on the data analysis normalized gain test <g>, there is improvement of concept comprehension in experimental group with score 0,56 and 0,48 in control group which both scores are on medium level. It tells the improvement of concept comprehension in experimental group is higher than control group. The value <g> of scientific work skill in each group is 0,43 and 0,31. This research gives the conclution that guided inquiry learning by applying the conservation character values is effective to increase the concept comprehension and scientific work skill of senior high school students.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Karakter Konservasi, Pemahaman Konsep, dan Keterampilan Ilmiah. Guided Inquiry, Conservation Characters, Concept Comprehension, Scientific Skill.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 08:19
Last Modified: 14 Nov 2015 08:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22525

Actions (login required)

View Item View Item