KEEFEKTIFAN QUESTION CARD PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP


Jayanti Eka Fitriana , 4201411036 (2015) KEEFEKTIFAN QUESTION CARD PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411036-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah, umumnya guru kurang mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Padahal, kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, peneliti menggunakan Question Card pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai media pembelajarannya. Penelitian yang menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design ini menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Question Card pada model Problem Based Learning (PBL) dan VIII B sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan meliputi soal pretest postets dan lembar observasi. Analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan homogenitas data awal dan akhir, uji t, uji gain, dan analisis lembar observasi. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan thitung = 3.43 > ttable =1.67 dengan taraf a = 5% artinya pembelajaran menggunakan Question Card pada model PBL lebih baik daripada model PBL saja. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan eksperimen digunakan uji gain. Dari hasil analisis uji gain, diketahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen meningkat sebesar 71%, sedangkan kelas kontrol meningkat 63%. Untuk analisis lembar observasi, kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen unggul 14% dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Question Card pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Question Card, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 07:20
Last Modified: 14 Nov 2015 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22523

Actions (login required)

View Item View Item