ANALISIS PERUBAHAN KONSEPSI MAHASISWA FISIKA PADA MATA KULIAH TERMODINAMIKA TOPIK EFISIENSI


Suhartono , 4201411033 (2015) ANALISIS PERUBAHAN KONSEPSI MAHASISWA FISIKA PADA MATA KULIAH TERMODINAMIKA TOPIK EFISIENSI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411033-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Termodinamika merupakan salah satu kajian ilmu fisika yang membutuhkan pemahaman konsep mendalam. Efisiensi mesin kalor merupakan salah satu topik dalam termodinamika dan menjadi bagian penting untuk dibahas melalui prinsip penggunaan berbagai mesin melalui kehidupan sehari-hari, mulai dari konsep kerja sebagai keluaran dan kalor sebagai masukannya. Seiring bertambahnya waktu terkadang mahasiswa mengalami pergeseran pemahaman konsep atau perubahan konsepsi. Untuk mengetahui bentuk perubahan konsepsi mahasiswa mengenai efisiensi mesin kalor, dilakukan penelitian kualitatif dengan data awal berupa tes tertulis pada akhir pembelajaran. Sebagai pembanding digunakan tes tertulis yang dilakukan setelah kurang lebih satu tahun berikutnya. Berdasarkan hasil analisis kedua tes tertulis tersebut, dilanjutkan wawancara sebagai klarifikasi jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di akhir pembelajaran didapatkan pola konsepsi yang seimbang antara konsepsi ilmiah karena dalam keadaan kondisi puncak berpikir mengenai materi tersebut, dan konsepsi alternatif yang disebabkan karena apresiasi konseptual serta dan pemahaman terhadap soal yang kurang mendalam. Setelah jangka waktu satu tahun, pola mayoritas yang terbentuk ialah berupa konsepsi ilmiah karena memori yang dimiliki mengenai materi tersebut masih sangat kuat atau mendalam, sedangkan pola minoritas berupa konsepsi alternatif dengan jawaban berupa apresiasi konseptual dari pemahaman yang kurang mendalam, interpretasi yang tidak sesuai atau pengetahuan sebagai sruktur teoretis, serta konsepsi pararel dari pengetahuan yang terfragmentasi. Namun setelah dilakukan klarifikasi ternyata pemahaman secara konseptual mahasiswa tidak lebih baik dari hasil jawaban dari tes tertulis, beberapa karena tertumpuk dengan materi-materi lain yang menyebabkan kerancuan pamahaman dalam berpikir serta intuisi di kehidupan sehari-hari. Thermodynamics is one of discussions in physics science that needs deeper understanding. The efficiency of heat engine is one of the topics in thermodynamics and becomes essential part to discuss through the principles of the use of several engines in the daily life starting from the concept of work as the output and the heat as the input. As long as the time runs, students sometimes experience the shift of concept comprehension or conception. The qualitative research was conducted with the first data of written test in the end of learning to find out the students’ change of conception on the efficiency of heat engine. As the comparator, the written test was conducted after one year. The interview was conducted after analyzing the tests as the clarification of the answer. The result of the research from the end of learning shows that the pattern of conception was equal between the scientific conception due to the condition of top thinking about the material and the alternative conception due to conceptual appreciation and less deep question comprehension. After one year, the majority pattern formed was the scientific conception because the memory of material comprehension was very strong or deep, meanwhile, the minority pattern formed the alternative conception with the answer of conceptual appreciation from the comprehension was less deep, inappropriate interpretation, or the knowledge as the theoretical structure, and parallel conception from fragmented knowledge. After clarifying, it was stated that students’ conceptual comprehension was worse than the result of written test. Several factors were caused due to hoarded materials causing comprehension confusion in thinking and an intuition in the daily life.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Konsepsi, Konsepsi, Efisiensi Mesin Kalor Conception Changes, Conception, Efficiency of Heat Engine
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 07:12
Last Modified: 14 Nov 2015 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item