PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Nunung Dwi Kustiarni, 4201411014 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411014-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika memiliki tujuan supaya siswa menguasai berbagai konsep dan prinsip fisika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap percaya diri sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang dalam pembelajarannya harus menyenangkan. Penerapan model pembelajaran word square berbantuan media audio-visual ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman konsep siswa pokok bahasan alat optik. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran word square berbantuan media audio-visual. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretestpostest control group design. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji t satu sampel, uji t dua sampel, dan uji nomalized gain. Hasil uji N-gain untuk minat belajar diperoleh peningkatan ratarata N-gain kelas kontrol sebesar 0,09 berada pada kategori rendah dan peningkatan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,31 dalam kategori sedang. Hasil uji t dua sampel post-test diperoleh thitung (1,72) ≥ t tabel (1,67) yang berarti pemahaman konsep kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat melalui uji N-gain, pada kelas kontrol sebesar 0,52 dan kelas eksperimen sebesar 0,59. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran word square berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan minat dan pemahaman konsep siswa kelas VIII G SMPN 1 Penawangan tahun ajaran 2014/2015. Learning physics has a goal for students master the concepts and principles of physics to develop the knowledge, skills and attitude of confidence that can applied in daily life which in the learning should be fun. The Application of word square learning model helped by audio-visual media can increase students' interest and understanding of concepts topic about optical instrument. Cluster random sampling is used as sampling technique, the sample of research are VIII D as a control group with conventional learning and VIII G as an experimental group with word square learning model helped by audio-visual media. Pretest-posttest control group design has been used as the research design. The techniques of data analysis are normality test, the equality of two variances, one sample t test, two samples t-test, and Normalized gain test. The test results of N-gain for the interest in learning obtained an average increase of N-gain control group of 0.09 in low category and an increase in the average N-gain experimental class of 0.31 in medium category. Two sample t-test of post-test obtained tcount (1.72) ≥ ttable (1.67) it means understanding of concepts experimental group greater than the control group. Increased understanding of concepts can be seen with the N-gain test, the control group is 0.52 and the experimental group of 0.59. Based on the results of research it can be concluded that the application of word square learning model helped by audio-visual media can increase students’ interest and understanding of concepts of VIII G class SMPN1 Penawangan academic year 2014/2015.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Word Square, Media audio-visual, Minat, Pemahaman konsep. Word square model, Audio-Visual media, Interest, Understanding of Concepts.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 06:57
Last Modified: 14 Nov 2015 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22521

Actions (login required)

View Item View Item