PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA


Tri Handayani, 4201411012 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411012-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Observasi awal yang dilakukan di SMA N 1 Bergas menunjukkan adanya kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar kognitif siswa rendah, sehingga mengakibatkan pemahaman konsep siswa juga rendah. Pembelajaran fisika memerlukan model yang dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa , yakni dengan pembelajaraan kooperatif berbantuan game . Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif berbantuan game terhadap minat belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan nonequivalent control group design , yang diterapkan pada pokok bahasan perpindahan kalor kelas X. Berdasarkan hasil analisis minat belajar dan pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t minat belajar siswa menunjukkan thitung = 7,27, sedangkan ttabel dengan = 5% dan dk = 124 diperoleh hasil 1,658, uji t pemahaman konsep menunjukkan bahwa thitung = 4,68, sedangkan ttabel dengan = 5% dan dk= 124 diperoleh hasil 1,658, karena t berada pada daerah penerimaan Ha, maka kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hal ini diperkuat dengan hasil uji gain untuk minat belajar siswa kelas eksperimen 0,398, kelas kontrol sebesar 0,127, sedangkan gain untuk pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,72, kelas kontrol sebesar 0,67. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbantuan game dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Game, Minat Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 06:43
Last Modified: 14 Nov 2015 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22520

Actions (login required)

View Item View Item