PROFIL PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING TUTORIAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Pada PKBM Budi Luhur Kota Tegal)


Rizki Miliana , 1201411001 (2015) PROFIL PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING TUTORIAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Pada PKBM Budi Luhur Kota Tegal). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201411001-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (947kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara tidak terkecuali untuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus dengan spesifikasi anak berbakat yang membutuhkan metode, material, pelayanan dan peralatan yang khusus agar dapat mencapai perkembangan yang optimal karena anak-anak tersebut mungkin akan belajar dengan kecepatan yang berbeda dan cara yang berbeda dengan melalui jalur pendidikan nonformal yaitu homeschooling. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana proses pembelajaran homeschooling tutorial bagi anak berkebutuhan khusus dan 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran homeschooling tutorial bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian model pembelajaran homeschooling menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 tentor bahasa Jepang, 1 orangtua warga belajar dan 1 warga belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) proses pembelajaran homeschooling tutorial bagi anak berkebutuhan khusus dimulai dengan menyusun metode dan materi yang sesuai dengan kebutuhan anak melalui pendekatan terlebih dahulu yaitu trial test. 2) faktor penghambat sekaligus pendukung dalam proses pembelajaran homeschooling tutorial anak berkebutuhan khusus adalah orangtua yang bersikap terbuka untuk berkerjasama dalam memberikan respon terhadap adanya buku penghubung, anak yang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, kesibukan orangtua yang naik turun mempengaruhi keterbatasan tentor untuk berdiskusi dengan orangtua mengenai perkembangan anak, susahnya menyamakan pendapat antara orangtua, manajeman dan tentor dan kondisi emosional anak yang berubah-ubah. Simpulan yang diperoleh yaitu: 1) setiap awal pembelajaran tentor telah merencanakan apa yang akan diajarkan melalui trial test kemudian pembuatan RPP, 2) dalam pembelajaran ini tentor memilih model pembelajaran homeschooling tutorial karena mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi warga belajar dengan bakat spesifik. Saran yang disampaikan adalah 1) tentor harus selalu aktif untuk menambah informasi baru melalui berbagai media. 2) homeschooling sebaiknya selalu bersifat aktif untuk selalu menanyakan respon orangtua terhadap buku penghubung yang diberikan setiap minggu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Homeschooling Tutorial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 02:36
Last Modified: 21 Nov 2015 22:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22519

Actions (login required)

View Item View Item