PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2013


Ilma Anisaturizqi, 7101411068 (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411068-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang, diketahui bahwa masih terdapat beberapa masalah pada motivasi belajar mahasiswa. Motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2013 yang berjumlah 187 mahasiswa. Sampel yang digunakansejumlah 128 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus berpengaruhsebesar 33,6% secara simultan. Keterampilan mengajar dosen berpengaruhsebesar 10,95% dan lingkungan kampus berpengaruh sebesar 6,35%. Kesimpulan penelitian berupa keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa berdasarkan analisis parsial dan simultan. Saran yang diajukan (1) Diharapkan pada dosen hendaknya dosen lebih meningkatkan setiap aspek keterampilan mengajarnya (2) Perguruan tinggi hendaknya lebih memperhatikan kondisi lingkungan kampus (3) Interaksi antara mahasiswa dengan dosenharus dijalin dengan baik (4) Peneliti selanjutnya disarankan dapat mengambil sampel dengan populasi berbeda dengan motivasi belajar yang spesifik pada mata kuliah tertentu saja. Ataupun dengan menambah ruang lingkup penelitian sehingga hasil yang didapat lebih akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Dosen, Lingkungan Kampus dan Motivasi Belajar Mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 17:53
Last Modified: 14 Nov 2015 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item View Item