PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PADA JURUSAN AKUNTANSI SMK CUT NYA DIEN SEMARANG


Harumi Ratna Mengka, 7101411033 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PADA JURUSAN AKUNTANSI SMK CUT NYA DIEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411033-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang efekif dan optimal mewujudkan prestasi belajar yang baik, sedangkan siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Cut Nya Dien Semarang masih mengalami kesulitan dalam mata pelajaran pengantar akuntansi sehingga prestasi belajar yang diperoleh kurang optimal. Berdasarkan data yang diperoleh dari SMK Cut Nya Dien Semarang dapat dilihat masih ada siswa yang memperoleh prestasi belajar yang belum optimal. Adanya pengaruh positif antara persepsi siswa tentang kreativitas mengajar guru dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Cut Nya Dien Semarang tahun ajaran 2014/2015. Jumlah sampel sebanyak 41 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data penelitian berupa angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan persepsi siswa tentang kreativitas mengajar guru dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Persepsi siswa tentang kreativitas mengajar guru dan lingkungan teman sebaya berpengaruh sebesar 75,3% secara simultan. Persepsi siswa tentang kreativitas mengajar guru berpengaruh sebesar 16,64% dan lingkungan teman sebaya berpengaruh sebesar 45,95% secara parsial. Kesimpulan penelitian berupa persepsi siswa tentang kreativitas mengajar guru dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar berdasarkan analisis parsial maupun simultan. Saran yang diajukan (1) persepsi siswa tentang kreativitas mengajar guru dalam indikator terapkan teknik pemecahan masalah dan guru dapat menumbuhkan antusias belajar siswa harus ditingkatkan (2) guru diharapkan dapat mengembangkan program membaca yang baik bagi siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Cut Nya Dien Semarang (3) siswa harus belajar lebih tekun lagi agar persaingan dengan lingkungan teman sebaya dalam memperoleh prestasi belajar pengantar akuntansi lebih maksimal (4) siswa diharapkan bisa berbaur dengan lingkungan teman sebayanya tanpa memandang perbedaan satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Mengajar Guru, Lingkungan Teman Sebaya dan Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:41
Last Modified: 14 Nov 2015 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item