PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI ORGANISASI, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 16 SEMARANG


Gading Puspaningtyas, 7101410277 (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI ORGANISASI, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410277-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakan cerminan dari kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kinerja guru diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi, motivasi, dan lingkungan kerja yang ada di SMP Negeri 16 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu guru tidak mengumpulkan perangkat pembelajaran secara tepat waktu, hal ini akan mengakibatkan proses kegiatan belajar menjadi kurang efektif karena materi, media, dan metode yang dibawakan timbul secara spontan, ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan kompetensinya, siswa memiliki sedikit pengetahuan tentang kewirausahaan di sekolah, materi belajar pada buku sekolah masih terbatas, dan ruang kantor yang terasa panas dan gelap di suatu bagian meskipun jendela sudah dibuka. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang memiliki unit kerja di SMP Negeri 16 Semarang yang berjumlah 43 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for Windows Release 16. Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung = 22,103 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 5,502 + 0,121X1 + 0,232X2 + 0,145X3 + 0,116X4. Besarnya pengaruh secara simultan antara kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru yaitu 66,8%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja guru di SMP Negeri 16 Semarang secara parsial adalah komunikasi organisasi yaitu sebesar 17,47%, sedangkan untuk variabel bebas lainnya berpengaruh lebih kecil yaitu kepemimpinan kepala sekolah, motivasi, dan lingkungan kerja sebesar 11,69%, 11,35%, dan 10,56%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 16 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah 1) kepala sekolah sebaiknya menambah beberapa pengelola dan mesin fotokopi atau mesin cetak (printer) di koperasi sekolah, 2) guru menggunakan beberapa buku terbaru untuk mengajar siswa, 3) kepala sekolah menambah beberapa kipas angin dan lampu untuk membuat ruang guru menjadi lebih kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi, Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:33
Last Modified: 14 Nov 2015 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22509

Actions (login required)

View Item View Item