PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA MA MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO KABUPATEN DEMAK (Studi Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2013/2014)


Muhammad Saiful Fahmi, 7101410269 (2015) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA MA MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO KABUPATEN DEMAK (Studi Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2013/2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410269-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan bentuk pencapaian siswa setelah melalui berbagai tahapan dalam proses belajar dan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dan kegagalan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa MA Mazro’atul Huda Wonorenggo kurang optimal. Hal ini diduga karena dipengaruhi oleh perhatian orang tua, disiplin belajar, dan motivasi belajar siswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah perhatian orang tua dan disiplin belajar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi secara langsung maupun melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS MA Mazro’atul Huda Wonorenggo. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA Mazro’atul Huda Wonorenggo yang berjumlah 66 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh yang berarti bahwa semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu perhatian orang tua (X1), disiplin belajar (X2), motivasi belajar sebagai variabel intervening (Y1) dan hasil belajar (Y2) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data : dokumentasi dan angket atau kuesioner. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis uji jalur (path analysis). Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y1= 0,307X1 + 0,438X2 dan Y2= 0,238X₁+ 0,364X₂+ 0,355Y₁. Hasil analisi jalur menunjukkan bahwa ada pengaruh secara langsung perhatian orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 59,4%, disiplin belajar terhadap motivasi belajar sebesar 63,9%, perhatian orang tua terhadap hasil belajar sebesar 68,7%, disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 74,7%, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 72,9%. Pengaruh secara tidak langsung perhatian orang tua terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 55,8% dan disiplin belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 67,7%. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua dan disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu bagi siswa diharapkan untuk meningkatkan disiplin belajar, terutama disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Bagi orang tua agar memperhatikan pendidikan dan kebutuhan anak dalam belajar, dengan cara melengkapi fasilitas belajar anaknya. Diharapkan pula kerjasamanya dari guru bidang studi ekonomi dan orang tua siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara memberi motivasi siswa agar lebih giat lagi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:27
Last Modified: 14 Nov 2015 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22507

Actions (login required)

View Item View Item