PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS MASALAH PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Hafshoh Dwi Nirwana , 4301411142 (2015) PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS MASALAH PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa SMA N 1 Jekulo dengan menerapkan metode praktikum berbasis masalah. Metode pelaksanaannya dengan desain pretest and postest group design, yaitu penelitian dengan melihat perbedaan hasil pretest maupun postest antara kelas eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga didapat XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis uji perbedaan rata-rata hasil postest kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik dibanding kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai postest 76,8 sedangkan nilai kelas kontrol 70. Uji normalitas Gain pada hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih baik dalam keterampilan proses sains sebesar 0,49 dan kelas kontrol peningkatannya sebesar 0,35 dengan kriteria sedang. Tingkat ketercapaian indikator keterampilan proses sains menurut analisis deskriptif menunjukkan rata-rata kelas eksperimen sangat baik yaitu 91,12%. Menurut analisis koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa penelitian ini berkontribusi sebesar 37,21% dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa penerapan praktikum berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktikum, Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Unnes Margi Fitriawan |
Date Deposited: | 14 Nov 2015 01:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2015 01:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22504 |
Actions (login required)
View Item |