PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA


Sopiyatun Munawaroh, 4301411149 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411149-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar ditinjau dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA. Pengambilan sampel secara cluster random sampling setelah diketahui homogenitas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menerapkan metode TGT berbantuan media crossword puzzle. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen antara 54,73-78,15 dan kelas kontrol antara 49,64-72,06. Sedangkan berdasarkan uji ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen mencapai 87,10% dan kelas kontrol 40,54%. Berdasarkan hasil uji peningkatan hasil belajar dengan uji n-gain kelas eksperimen memperoleh 0,52 dan kelas kontrol 0,43. Kedua kelas tersebut tergolong dalam kategori sedang. Adapun hasil observasi terhadap aspek sikap diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 84,21 dan kelas kontrol 82,07. Sedangkan untuk hasil observasi terhadap aspek keterampilan diperoleh rata-rata nilai siswa kelas eksperimen 79,66 dan kelas kontrol 72,70. Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran TGT, model pembelajaran TGT memperoleh tanggapan positif yaitu siswa merasa senang dan tidak membosankan dengan pembelajaran TGT berbantuan media crossword puzzle dan dapat meningkatkan pemahaman pada materi tata nama senyawa. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media crossword puzzle berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa dan mendapat tanggapan positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media crssword puzzle, model team games tournament.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:14
Last Modified: 14 Nov 2015 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22502

Actions (login required)

View Item View Item