PENGEMBANGAN LEMBAR PRAKTIKUM KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN BERBASIS OPEN GUIDED INQUIRY LABORATORY UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI


Faesal Amri, 4301411136 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR PRAKTIKUM KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN BERBASIS OPEN GUIDED INQUIRY LABORATORY UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411136-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar praktikum kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis open guided inquiry laboratory untuk peningkatan keterampilan laboratorium siswa yang layak dan efektif serta mendapat tanggapan positif dari siswa sebagai pengguna. Penelitian ini berupa penelitian research and development (R&D). Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model ADDIE yang meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi terhadap lembar praktikum pada aspek kelayakan materi, teknik penyajian, penggunaan bahasa dan kegrafikan berturut-turut mendapat persentase 91,41%, 88,24%, 85, 58% dan 87,50%. Lembar praktikum dikatakan efektif jika terjadi peningkatan keterampilan laboratorium siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan laboratorium siswa mengalami peningkatan dari praktikum pertama sampai praktikum ketiga pada masing-masing aspek penilaian. Pada penelitian ini siswa memberikan respon positif terhadap lembar pratikum yang dikembangan dengan 8 siswa memberikan tanggapan sangat baik dan 23 siswa memberikan tanggapan baik. Berdasarkan data yang telah terkumpul maka dapat disimpulkan bahwa lembar praktikum kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis open guided inquiry laboratory sangat layak, efektif, dan mendapat respon positif serta dapat meningkatkan keterampilan laboratorium siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan laboratorium; Lembar praktikum ; Open guided inquiry laboratory
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:14
Last Modified: 14 Nov 2015 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item