IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING DENGAN PRODUK LAPORAN INVESTIGASI SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA


Eli Lusiyana, 4301411123 (2015) IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING DENGAN PRODUK LAPORAN INVESTIGASI SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411123-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 1 SMA N 4 Pekalongan disebabkan oleh pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan praktikum yang jarang dilakukan juga membuat siswa menjadi kurang terampil dalam melakukann keterampilan di laboratorium sehingga mengakibatkan keterampilan proses sains siswa rendah. Penggunaan Project-Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek memberikan pengetahuan siswa secara nyata dalam memahami suatu materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi untuk setiap siklus. Tujuan dari PTK ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa melalui implementasi project-based learning dengan produk laporan investigasi sederhana. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 SMA N 4 Pekalongan yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah percentages correction dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar aspek kognitif siswa sebesar 77,14% pada siklus I meningkat menjadi 88.57% pada siklus II, aspek afektik siswa sebesar 77,14% meningkat menjadi 100% pada siklus II dan aspek psikomotorik siklus I pada proyek I sebesar 77,14% dan pada proyek II sebesar 88,57% meningkat menjadi 88,57% pada proyek I dan 94,28% pada proyek II siklus II. Adapun ketuntasan klasikal keterampilan proses sains siswa siklus I pada proyek I sebesar 74,28% dan pada proyek II sebesar 77,14% meningkat pada siklus II menjadi 82,85% pada proyek I dan pada proyek II sebesar 91,42%. Hasil yang telah didapatkan pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa implementasi projectbased learning dengan produk laporan investigasi sederhana dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Keterampilan Proses Sains; Project-Based Learning
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:11
Last Modified: 14 Nov 2015 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item View Item