PENERAPAN MODEL POE MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA N 1 BAE KUDUS


Nor Eliya Faela Shofa, 4301411120 (2015) PENERAPAN MODEL POE MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA N 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411120-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA 5 SMA N 1 Bae Kudus melalui penerapan model pembelajaran POE melalui metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA N 1 Bae Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian yang diambil berupa nilai keterampilan proses sains siswa dan hasil jawaban tanggapan siswa terhadap model POE. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilaian keterampilan proses sains diperoleh besar peningkatan nilai keterampilan proses sains siswa yang berbeda-beda, yaitu diperoleh peningkatan keterampilan proses sains siswa tertinggi sebesar 0.21 dan terendah sebesar 0.03. Tanggapan siswa terhadap model POE dari siklus I sampai dengan siklus III menunjukkan bahwa siswa setuju dengan penerapan model POE dalam pembelajaran kimia. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran POE melalui metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; Metode Eksperimen; POE
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:07
Last Modified: 14 Nov 2015 01:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22496

Actions (login required)

View Item View Item