PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BE FUN CHEMIST PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI


Rizki Bintari Rakhmawati, 4301411099 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BE FUN CHEMIST PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411099-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring majunya perkembangan dunia pendidikan, semakin banyak pula metode serta media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flash yang berjudul be fun chemist. Media pembelajaran interaktif be fun chemist ini mengembangkan materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan subjek penelitian yaitu siswa SMA N 2 Pati. Penelitian ini dilakukan karena kurang adanya pengembangan media dan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan metode 4D termodifikasi yaitu tahap pendefinisian (define),perancangan (design), dan pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket tanggapan, lembar observasi, angket pengamatan, soal tes kognitif, dan dokumentasi. Penelitian pengembangan media melalui beberapa tahap yaitu tahapan pendefinisian dilakukan wawancara analisis kebutuhan dan masalah yang ada pada lokasi penelitian pengembangan. Tahap kedua dilakukan perancangan media berupa naskah media yang akan dikembangkan. Tahap terakhir adalah tahap pengembangan dilakukannya penilaian pada hasil media yang dikembangkan kemudian diuji cobakan skala kecil dan skala besar. Hasil analisis validasi kelayakan media menunjukkan persentase validasi media sebesar 83,47 termasuk dalam kriteria sangat baik. Angket tanggapan siswa uji skala kecil dan uji skala besar mendapat kriteria baik dan sangat baik. Uji coba skala kecil menghasilkan reliabilitas sebesar 0,788 dan uji coba skala besar mendapatkan persentase reliabilitas sebesar 0,824. Penelitian pengembangan juga mengamati efektifitas media dari pengaruh media terhadap peningkatan kemampuan siswa. Media dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran diamati dari hasil penelitian kognitif, didapatkan signifikansi n-gain pada hasil belajar sebesar 0,82 kategori tinggi dan ketuntasan klasikal tes kognitif mencapai 100% dari nilai ketuntasan minimal lebih dari 70. Ketuntasan hasil belajar juga dianalisis menggunakan uji t mendapatkan thitung sebesar 31,99 lebih besar dari ttabel 2,024. Hasil belajar afektif dan psikomotorik diamati dari observasi, menghasilkan kriteria baik. Kemampuan literasi sains yang diamati menghasilkan kriteria yang sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian media yang dikembangkan teruji valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: be fun chemist, hasil belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan, literasi sains, media pembelajaran interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:02
Last Modified: 14 Nov 2015 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22495

Actions (login required)

View Item View Item