PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA NUMBER CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA N 9 SEMARANG


Zulaikha Marta Sani , 4301411096 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA NUMBER CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA N 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Semarang belum berjalan efektif. Banyak siswa yang belum aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi ini berdampak pada aspek kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase banyaknya siswa yang tuntas dalam mata pelajaran kimia. Ketuntasan belajar klasikal pada mata pelajaran kimia adalah 65,7%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Semarang melalui model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media Number Card. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Semarang yang berjumlah 35 siswa. Fokus penelitian ini adalah pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Kegiatan pada penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan menggunakan model pembelajran Team Game Tournament berbantuan media Number Card. Instrumen yang digunakan meliputi soal pilihan ganda beralasan, lembar observasi keaktifan, psikomotorik, dan afektif. Validasi instrumen dilakukan dengan konsultasi bersama guru kolaborator dan perhitungan validasi berdasarkan rumus statistika. Hasil pada siklus I keaktifan siswa sebesar 85,7%, pada siklus II dan III naik menjadi 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I, II, III sebesar 100%. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I sebesar 94,3%, sedangkan pada siklus II dan III naik menjadi 100%. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 71,4%, pada siklus II naik menjadi 85,7%, dan siklus III sebesar 88,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia pada kelas XI IPA 3 SMA N 9 Semarang dengan model pembelajran Team Game Tournament berbantuan media Number Card dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran kimia selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Team Game Tournament, Number Card, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:56
Last Modified: 14 Nov 2015 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22493

Actions (login required)

View Item View Item