PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH BERSUPLEMEN ARTIKEL


Akhmad Solikhin , 4401410093 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH BERSUPLEMEN ARTIKEL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410093-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi yang berfokus pada penguasaan materi belum mendorong siswa berpikir kritis. Hasil observasi di SMA Teuku Umar dan SMA N 1 Semarang menunjukkan bahwa kedua sekolah tersebut belum pernah menggunakan model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel. Menurut guru, instruksi model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel mudah untuk diikuti. Selain itu guru juga tertarik dan menyatakan perlu terhadap pengembangan model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel. Hal tersebut menjadi bukti bahwa pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel perlu diterapkan dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel. Penelitian ini mengikuti langkah penelitian pengembangan yaitu menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran, mengembangkan model pembelajaran, dan menguji pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SMA Teuku Umar dan SMA N 1 Semarang pada semester genap 2013/2014. Uji pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar menggunakan true eksperiment only post test control group design. Sampel menggunakan teknik convenience sampling, dengan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI MIA 10 sebagai kelompok eksperimen. Data kemampuan hasil belajar berupa skor post test. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel perlu dikembangkan, model pembelajaran memperoleh validasi sangat layak, hasil validasi perangkat pembelajaran layak, dan hasil keterlaksanaan model sedang. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran sistem peredaran darah bersuplemen artikel perlu dikembangkan dan berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Sitem Peredaran Darah, Artikel
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:56
Last Modified: 14 Nov 2015 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item