PENGEMBANGAN CHEM-BLOCKS GAME BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT (CET) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN MATERI REDOKS SISWA SMA KELAS X


Hayati Anggraini, 4301411114 (2015) PENGEMBANGAN CHEM-BLOCKS GAME BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT (CET) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN MATERI REDOKS SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411114-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penilaian pun tidak lagi hanya bertumpu pada ranah kognitif semata, melainkan dilibatkan pula penilaian pada ranah proses pembelajaran siswa (spiritual, afektif, dan psikomotorik). Penerapan kurikulum 2013 di sekolah masih terbatas. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami aturan dan menghitung bilangan oksidasi serta penamaan senyawa kimia sederhana. Pembelajaran dalam kelas masih terpusat pada guru yang lebih menekankan pada mendengarkan kata-kata daripada bekerja dengan objek. Hal ini membuat siswa menjadi pasif dan menimbulkan rasa bosan. Kurangnya penggunaan media yang menarik dan mampu menyampaikan pesan pembelajaran yang baik masih belum dilakukan dalam kelas, sehingga dikembangkan penelitian media pembelajaran berupa ChemBlocks Game. Rumusan masalah yang muncul: (1) apakah media Chem-Blocks Game yang dikembangkan valid dilihat dari aspek layak, praktis, dan efektif? (2) bagaimana tanggapan siswa terhadap media yang dikembangkan? (3) apakah media Chem-Blocks Game berbasis Chemo-Edutainment (CET) dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan? Pengembangan media Chem-Blocks Game ini berbasis CET yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Media pembelajaran ini berupa desain penelitian dan pengembangan (R&D), dikembangkan melalui tahapan analisis lapangan, pemilihan materi, penyusunan skenario, dan mendesain media. Media pembelajaran Chem-Blocks Game yang dikembangkan diuji validitasnya meliputi aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Selain itu dianalisis pula tanggapan siswa terhadap penggunaan media dan tes evaluasi belajar. Media diujicobakan pada sampel skala kecil dan besar. Hasil nilai validasi rata-rata media dinyatakan layak, praktis, dan efektif masing-masing sebesar: 85%, 100%, dan 100%. Tanggapan positif siswa terhadap penggunaan media ini yaitu 92%, dengan pemberian tanggapan menyenangkan sebesar 95,16%. Implementasi pembelajaran menggunakan Chem-Blocks Game dengan melakukan tes evaluasi belajar didapatkan 90,32% siswa tuntas secara klasikal. Pengembangan media pembelajaran Chem-Blocks Game berbasis CET mendapat kriteria valid dan tanggapan cukup baik dari siswa sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. vii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: chem-blocks game, chemo-edutainment, media pembelajaran
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:55
Last Modified: 14 Nov 2015 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item