PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA TEUKU UMAR SEMARANG MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED-INQUIRY BERSTRATEGI BUZZ GROUP


Nindya Ayu Lestari , 4301411095 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA TEUKU UMAR SEMARANG MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED-INQUIRY BERSTRATEGI BUZZ GROUP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411095-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran kimia di kelas XI IPA SMA Teuku Umar Semarang masih belum melibatkan siswa untuk aktif dan mengalami proses belajarnya sendiri. Kondisi tersebut berpengaruh pada penguasaan siswa terhadap materi kimia, hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran kimia belum memuaskan. Ketuntasan klasikal yang dicapai baru 27.27%. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Teuku Umar Semarang pada mata pelajaran kimia melalui metode pembelajaran guided-inquiry berstrategi buzz group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Teuku Umar yang berjumlah 22 siswa dengan fokus penelitian pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran guided- inquiry berstrategi buzz group. Peneliti menggunakan 2 (dua) instrumen pada setiap siklus, yakni tes tertulis pada setiap akhir siklus, dan lembar observasi aktivitas siswa, hasil belajar afektif, dan hasil belajar psikomotork untuk pengumpulan data. Validasi instrumen dilakukan dengan konsultasi bersama guru kolaborator dan perhitungan validasi berdasarkan rumus statistika. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif-kuantitatif. Hasil pada siklus I maupun siklus II terlihat bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 54.54% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 81.82%. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dari kondisi awal ketuntasan klasikal 27.27% meningkat menjadi 68.18% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 77.27% pada siklus II. Hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 63.63% kemudian meningkat menjadi 95.45% pada siklus II, dan hasil belajar psikomotorik pada siklus I sebesar 77.27% kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia pada kelas XI IPA dengan metode pembelajaran guided- inquiry berstrategi buzz group mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan metode pembelajaran guided-inquiry berstrategi buzz group dan bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran guided-inquiry berstrategi buzz group, aktivitas belajar hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:52
Last Modified: 14 Nov 2015 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22489

Actions (login required)

View Item View Item