PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN SEKTOR REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BEI


Nur Farisah, 7250408030 (2015) PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN SEKTOR REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BEI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 7250408030-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebijakan dividen merupakan perilaku manajemen dalam mengatur besar dividen yang dibagikan kepada pemilik saham. Dalam menentukan kebijakan dividen perlu memperhatikan berbagai faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan debt to equity ratio terhadap dividend payout ratio pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di BEI selama periode 2009- 2011. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan sektor real estate dan property yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 12 perusahaan. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis dekriptif, uji asumsi klasik, dan analis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan program IBM SPSS statistic 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investment opportunity set, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan debt to equity ratio secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Selanjutnya pengujian secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap dividend payout ratio, sedangkan investment opportunity set dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Simpulan penelitian ini, bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Investment opportunity set, dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Saran bagi perusahaan agar meningkatkan tingkat profitabilitas tiap tahunnya dan memperbesar perusahaan serta bagi investor lebih memperhatikan faktor apa saja yang mempengaruhi kebijakan dividen secara signifikan, sehingga keputusan investasi yang diambil tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio, Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Debt to Equity Ratio.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:50
Last Modified: 14 Nov 2015 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22488

Actions (login required)

View Item View Item