PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA (LKPS) TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI ASAM BASA KELAS XI


Uma Fadzilia Arifin, 4301411091 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA (LKPS) TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI ASAM BASA KELAS XI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411091-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Ketersediaan sarana dan prasarana sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran terkadang tidak mencukupi untuk melaksanakan proses belajar secara mandiri. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu sarana pendukung keberhasilan pembelajaran kimia. LKS yang ada hanya berupa penjelasan singkat dengan menggunakan deskripsi dan alur kerja secara tekstual (cookbook) sehingga peserta didik tidak mampu mengkonstruk sendiri bahan dan peralatan kimia yang semula dianggap abstrak. Oleh karena itu, perlu dikembangkan LKS khusus agar siswa mampu mengkontruk pengetahuannya. Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) terintegrasi guided inquiry diharapkan mampu menjawab permasalahan tersebut, serta mampu mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, kepraktisan dan respon user terhadap LKPS yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan Three-D Models yaitu Design, Define and Develop. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SMA Negeri 5 Semarang pada siswa kelas XI untuk menguji kelayakan, kefektifan, kepraktisan dan respon user terhadap LKPS. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKPS memperoleh skor rerata validasi sebesar 76 sehingga dinyatakan layak secara teoretis. LKPS dinyatakan efektif karena 28 siswa mencapai nilai KKM pada hasil tes dan keterampilan proses sainsnya mendapat predikat baik. Indikator keterampilan proses sains yang memperoleh skor tertinggi hasil observasi yaitu keterampilan mengamati. Keterampilan menggunakan alat/ bahan memperoleh rerata skor terendah. Berdasarkan hasil tes, keterampilan menerapkan konsep mendapatkan rerata skor teringgi dan keterampilan merencanakan percobaan memperoleh rerata skor rendah. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa LKPS dinyatakan praktis dan mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPS terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains dinyatakan layak, efektif, praktis dan mendapat respon positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry; Keterampilan Proses Sains; LKPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:46
Last Modified: 14 Nov 2015 00:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22487

Actions (login required)

View Item View Item