PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Rian Ayu Anggreani, 7101410248 (2015) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGATERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410248-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan kemampuan peserta didik yang dapat diukur, berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dicapai dalam kegiatan belajar-mengajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern dalam penelitian ini faktor intern yang dipilih adalah disiplin belajar, sedangkan untuk faktor ekstern lingkungan keluarga. Hasil dari observasi diketahui bahwa 51,6% siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan untuk tingkat disipilin belajar, dan lingkungan keluarga berada pada kategori baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan siswa kelas X akuntansi SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 95 siswa sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah simple random samplingdengan jumlah responden 77 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar (Y), disipilin belajar (X1), dan lingkungan keluarga (X2). Metode pengumpulan data menggunakan metode do kumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh disiplin belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi dan keuangan secara simultan (85,2%) secara parsial disiplin belajar memiliki pengaruh sebesar 34,93% dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh sebesar 10,63% Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan ada pengaruh antara disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan agar siswa dapat meningkatkan ketaatan terhadap kegiatan belajar dirumah dan pihak keluarga dapat memberikan dukungan dalam kegiatan belajar siswa dirumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:49
Last Modified: 14 Nov 2015 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item