MODEL PENILAIAN PROYEK DENGAN PRODUK MIND MAPPING UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERKAIT MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM


Hesti Prasasti , 4301411080 (2015) MODEL PENILAIAN PROYEK DENGAN PRODUK MIND MAPPING UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERKAIT MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411080-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penilaian bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Penilaian yang dilakukan guru harus objektif, valid, dan reliabel, serta menunjukkan keadaan siswa yang sebenarnya dalam memahami suatu pembelajaran. Diperlukan instrumen penilaian yang dapat mengukur pemahaman konsep siswa terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menilai kelayakan instrumen penilaian proyek pada pelajaran kimia materi larutan penyangga dan hidrolisis garam, (2) mengetahui karakter instrumen penelitian proyek dengan produk mind mapping hasil penelitian, (3) mengetahui pengaruh penilaian proyek dengan produk mind mapping dalam mengukur pemahaman konsep siswa terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang terdiri atas beberapa langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pabelan tahun pelajaran 2014/2015. Pemilihan siswa pada ujicoba produk dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan validitas dan reliabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen penilaian proyek dengan produk mind mapping terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Validitas proyek mind mapping dilakukan oleh pakar dan hasilnya valid. Sedangkan reliabilitas proyek mind mapping materi larutan penyangga pada ujicoba produk diperoleh r11 = 0,873 sehingga r11 ≥ 0,7 sedangkan proyek mind mapping materi larutan penyangga pada ujicoba pemakaian diperoleh r11 = 0,970 sehingga r11 ≥ 0,7. Reliabilitas proyek mind mapping materi hidrolisis garam pada ujicoba pemakaian diperoleh r11 = 0,952 sehingga r11 ≥ 0,7. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa penilaian proyek dengan produk mind mapping layak, berkarakter, dan dapat mengukur pemahaman konsep siswa terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Oleh karena itu disarankan guru dapat menggunakan model penilaian proyek dengan produk mind mapping terkait materi larutan penyangga dan hidrolisis garam agar pemahaman konsep siswa lebih baik sehingga hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mind mapping, model penilaian proyek, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:42
Last Modified: 14 Nov 2015 00:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22483

Actions (login required)

View Item View Item