PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 JAKENAN


Indah Larasati, 4301411077 (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 JAKENAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411077-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan melibatkan peran aktif siswa dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran.Metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang melibatkan siswa berperan aktif adalah PBL(problem based learning). Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui problem based learning dengan mind mapping.Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Jakenan.Desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Group Design.Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 7 sebagai kelas kontrol.Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, tes pilihan ganda, dan angket.Uji statistika yang digunakan adalah n-gain untuk ranah kognitif, perbedaan rata-rata, pengaruh antar variabel, dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen dengan nilai N-gain sebesar 0,519, sedangkan peningkatan hasil belajar kognitif kelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0,465. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata, diperoleh thitung (1,57) lebih kecil dari ttabel (1,67), dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan uji koefisien korelasi biserial diperoleh rb sebesar 0,05. Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,25 %. Rata-rata nilai hasil belajar afektif kelas eksperimen (15,02) lebih baik daripada kelas kontrol (14,01). Rata-rata nilai hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen (23,4) lebih baik daripada kelas kontrol (19,02). Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based learning dengan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, mind mapping, problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:38
Last Modified: 14 Nov 2015 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item View Item