PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM


Nais Pinta Adetya, 4301411090 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411090-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Institut Indonesia pada tanggal 28 Maret – 24 April 2015. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling, karena populasi berdistribusi normal dan homogen. Desain penelitian yang digunakan yaitu modified pretest-posttest group comparison design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan rerata, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil uji perbedaan rerata memperlihatkan thitung hasil belajar adalah 2,47 sedangkan thitung keterampilan proses sains adalah 3,51 lebih besar dari tkritis pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien biserial sebesar 0,39 untuk hasil belajar dan 0,53 untuk keterampilan proses sains. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan penerapan model inkuiri terbimbing berkontribusi sebesar 15,02% terhadap hasil belajar dan 28,09% terhadap keterampilan proses sains. Hasil observasi keterampilan proses sains memperlihatkan bahwa proporsi siswa kelas eksperimen yang mencapai kategori sangat baik dan baik adalah 0,51 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Institut Indonesia pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:36
Last Modified: 14 Nov 2015 00:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22478

Actions (login required)

View Item View Item