PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (DINDIKPORA) KABUPATEN BLORA

Achmad Rizal, 7101410246 (2014) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (DINDIKPORA) KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Dimensi atau indikator kinerja merupakan aspek-aspek yang menjadi ukuran dalam menilai kinerja yang baik. Hasil observasi yang ditemukan pada kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blora menunjukkan bahwa tingkat kinerja karyawan sudah cukup baik, namun beberapa permasalahan mengenai kinerja pegawai diantaranya masih dijumpai kurangnya ketepatan waktu dalam masuk kerja. Selain itu observasi juga dilakukan dengan pengamatan langsung mengenai kepemimpinan, motivasi dan tata ruang kantor yang berkaitan dengan kinerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kepemimpinan, motivasi dan tata ruang kantor terhadap kinerja pegawai secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blora yang berjumlah 103 pegawai, kemudian diambil sampel jenuh berjumlah 103 pegawai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Relase 16. Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung = 21,572 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 14,475 + 0,227X1 + 0,359X2 + 0,128X3. Besarnya pengaruh secara simultan antara kepemimpinan, motivasi dan tata ruang kantor terhadap kinerja pegawai yaitu 37,7%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja pegawai secara parsial adalah kepemimpinan yaitu sebesar 12,25%, sedangkan untuk motivasi dan tata ruang kantor lebih kecil yaitu masing-masing sebesar 12,11% dan 4,84%. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan, motivasi dan tata ruang kantor terhadap kinerja pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blora. Saran dari penelitian ini adalah 1) Perabot kantor yang sudah tidak terpakai supaya dimasukan kedalam gudang atau dibuang jika tidak terpakai, dan dilakukan penataan ulang secara berkala terhadap ruang kerja untuk memberikan suasana yang lebih nyaman. 2) Pemberian ganjaran atau reward oleh pimpinan kepada pegawai perlu di tingkatkan dengan memberikan penghargaan tiap tahun kepada pegawai yang berprestasi dan memberikan punishment kepada pegawai yang sering melanggar aturan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Motivasi, Tata Ruang Kantor, Kinerja Pegawai
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 19:39
    Last Modified: 13 Nov 2015 19:39

    Actions (login required)

    View Item