PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS


Lia Listantia, 4301411089 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411089-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu program software yang sedang berkembang saat ini adalah Adobe Flash. Adobe Flash adalah suatu software (perangkat lunak) yang dapat menampilkan sebuah animasi. Dengan menggunakan software Adobe Flash dapat dibuat media pembelajaran berbasis teknologi multimedia komputer. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keaktifan serta motivasi siswa dalam pembelajaran kimia. Media yang dikembangkan dalam peneltian ini bernama media Flash berbasis guided discovery. Media tersebut dikembangkan sesuai sintaks guided discovery dengan harapan peserta didik akan mampu memahami dan menyimpulkan konsep dari materi kimia untuk keberhasilan hasil belajarnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dengan mengembangkan suatu media Flash berbasis guided discovery untuk menunjang keberhasilan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan tanggapan siswa dan guru terhadap media Flash yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development (R&D). Desain ini menggunakan Three-D Models yaitu Define, Design and Develop. Pada tahap define dilakukan studi pendahuluan di sekolah untuk mengidentifikasi potensi dan masalah yang ada di sekolah tersebut. Pada tahap design dibuat media Flash berbasis guided discovery yang selanjutnya di validasi oleh pakar kemudian direvisi sesuai saran dari pakar. Setelah proses validasi dan revisi dilakukan uji coba skala kecil. Pada tahap develop dilakukan uji coba skala besar untuk mengetahui keefektifan dan tanggapan siswa serta guru terhadap media Flash berbasis guided discovery. Hasil analisis data menunjukkan media Flash berbasis guided discovery memperoleh rerata skor keseluruhan untuk validator isi media mencapai 64 dengan kriteria layak, sedangkan untuk validator media diketahui bahwa rerata skor keseluruhan mencapai 60 dengan kriteria sangat layak. Media Flash berbasis guided discovery dinyatakan efektif karena 28 siswa (lebih dari 75% siswa subjek penelitian) mencapai nilai KKM pada hasil tes dan aspek afektif dan psikomotorik mendapat predikat baik. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa media Flash berbasis guided discovery dinyatakan mendapat respon baik dari siswa serta guru. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media Flash berbasis guided discovery pada materi larutan penyangga dan hidrolisis dinyatakan layak, efektif, dan mendapat respon positif dari siswa serta guru sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan media pembelajaran Flash berbasis guided discovery pada materi larutan penyangga dan hidrolisis dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terdapat pada media dan tentunya untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery; Hasil Belajar; Media Flash.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:31
Last Modified: 14 Nov 2015 00:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22476

Actions (login required)

View Item View Item