IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTUAN MEDIA PHYSICS CARD BERBASIS EDUTAINMENT PADA TEMA OPTIK SISWA SMP KELAS VIII


Dias Meilinda Arista, 4201411100 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTUAN MEDIA PHYSICS CARD BERBASIS EDUTAINMENT PADA TEMA OPTIK SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411100-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 22 Semarang diperoleh fakta bahwa dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi. Selain itu, hasil ulangan harian kebanyakan siswa pada tema optik khususnya pokok bahasan cahaya masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh sebab itu, penulis mengimplementasikan pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media physics card berbasis edutainment pada tema optik sebagai solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan motivasi belajar siswa yang mendapatkan implementasi pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media physics card berbasis edutainment pada tema optik serta untuk mengetahui keefektifan pembelajaran tersebut terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest - posttest, observasi dan angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari skor pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji t dan uji faktor N-gain, dan skor aktivitas serta motivasi belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, uji t hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dimana rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas kontrol adalah sebesar 69,69 sedangkan pada kelas eksperimen adalah sebesar 80,47. Hasil analisis menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan faktor N-gain (<g>) pada kelas kontrol adalah sebesar 0,49 dengan kategori sedang dan pada kelas eksperimen sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Disamping itu, dari hasil uji kesamaan rata-rata juga diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media physics card berbasis edutainment efektif terhadap ketuntasan belajar tema optik siswa. Kemudian, dari hasil observasi aktivitas belajar dan angket motivasi belajar siswa diperoleh bahwa aktivitas serta motivasi belajar siswa setelah implementasi pembelajaran pada kelas eksperimen lebih unggul dibanding dengan kelas kontrol, dimana aktivitas belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai 87% dengan kriteria sangat aktif sedangkan untuk motivasi belajar menunjukkan nilai 81% dengan kriteria sangat termotivasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif TGT berbantuan media physics card berbasis edutainment mampu mengembangkan baik aktivitas maupun motivasi belajar siswa, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tema optik siswa. Based on the early observation at SMP Negeri 22 Semarang there is a fact that in learning proccess students tend to be passive and less in motivated. Beside that, it is found that students’ daily test result in optic topics especially on subject matter even below Minimum Mastery Criteria (KKM). Hence, the author applies implementation of TGT cooperative learning assisted by edutainment-based physics card media in optic topics as a solution of that problem. The purpose of this research is describing students’ learning activity and motivation after getting implementation of TGT cooperative learning assisted by edutainment-based physics card media in optic topics to find out the effectiveness of that learning towards the increasing of students’ cognitive learning result. This research is experimental research using Non-Equivalent Control Group Design. The instrument that used in this research are pretest-posttest, observation and questionnaires sheet. The data obtained in this research consists of pretest and posttest scores that analyzed by t-test and N-gain factor test, then scores of students’ learning activity and motivation is analyzed descriptively. Based on the result of analysis, t hypothesis testing shows that students’ cognitive learning average result in experiment class is 80,47 which is higher than control class which the average result is 69,69. Beside that, the students’ cognitive learning result in control class with N-gain factor (<g>) increases for 0,49 with average category and in the other hand, the result of experiment class increases for 0,68 with average category. From the average equality test, it is concluded that implementation of TGT cooperative learning assisted by edutainment-based physics card media is effective for students’ learning mastery in optic topics. Then, from observation of students’ learning activity and questionnaire of students’ learning motivation it is found out that learning activity and motivation of experiment class after being treated is higher than control class. The learning activity of experiment class shows value 87% with criteria very active and learning motivation shows value 81% with criteria very motivated. Based on the research result, it is concluded that implementation of TGT cooperative learning assisted by edutainment-based physics card media could develop both students’ learning activity and motivation. Beside that, this implementation of lerning also could increasing cognitive learning in optic topics effectively.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TGT, Physics Card, Edutainment, Tema Optik TGT, Physics Card, Edutainment, Optic Topics
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:31
Last Modified: 14 Nov 2015 00:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item View Item