KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN DAN TANPA INTERACTIVE HANDOUT PADA HASIL BELAJAR SISWA


Diah Puspitawati , 4301411071 (2015) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN DAN TANPA INTERACTIVE HANDOUT PADA HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411071-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru bukan hal yang baru dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar yang tepat dapat dicapai dengan komunikasi multi arah seperti pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penggunaan media interactive handout dimaksudkan agar siswa aktif dan tidak jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diberi pembelajaran TAI berbantuan interactive handout dengan siswa yang diberi pembelajaran TAI tanpa interactive handout, serta hasil belajar kimia mana yang lebih baik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif TAI dengan dan tanpa interactive handout pada materi konsep mol dan hukum dasar gas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test group design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode test dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berturut-turut adalah 76,17 dan 70,28. Teknik analisis data menggunakan uji anava dan uji scheffe. Hasil uji anava diperoleh harga F hitung hasil belajar kognitif sebesar 6,07 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,07 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil uji scheffe diperoleh komparasi kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II yang menunjukkan perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan dengan harga Fhitung (12,04) > Ftabel (6,18). Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization berbantuan interactive handout lebih baik daripada model pembelajaran Team Assisted Individualization tanpa interactive handout.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization,interactive handout, hasil belajar,komparasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:31
Last Modified: 14 Nov 2015 00:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22474

Actions (login required)

View Item View Item