PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS POKOK BAHASAN MASALAH EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA SMA NEGERI 1 BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG (Studi Pada Siswa Kelas X IIS 1 Tahun Ajaran 2014/2015)


Tri Yuniarti, 7101410234 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS POKOK BAHASAN MASALAH EKONOMI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA SMA NEGERI 1 BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG (Studi Pada Siswa Kelas X IIS 1 Tahun Ajaran 2014/2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410234-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk meningkatkan kemampuan analisis pada pokok bahasan mengatasi masalah ekonomi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. (2) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada pokok bahasan mengatasi masalah ekonomi kelas X IIS 1 SMA N 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 SMA N 1 Bandongan Kabupaten Magelang yang berjumlah 28 siswa. Data kemampuan analisis siswa diperoleh melalui tes evaluasi individu dengan lembar observasi aktivitas siswa sebagai pendukung. Analisis data kemampuan analisis siswa setelah tindakan siklus I dapat diketahui bahwa nilai rata-rata 73,75 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 67,86%. Setelah tindakan siklus II nilai rata-rata men ingkat menjadi 78,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Hasil analisis aktivitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh hasil 69,3% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa pada siklus II mencapai 88% dengan kriteria baik sekali. persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I yaitu sebesar 70% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kategori baik sekali. Dari analisis data penelitian dengan judul Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Mengatasi Masalah Ekonomi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan analisis serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Kemampuan analisis dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan itu berarti akan berpengaruh pada hasil belajar yang meningkat pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mengatasi Masalah Ekonomi, Kemampuan Analisis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:31
Last Modified: 14 Nov 2015 00:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22471

Actions (login required)

View Item View Item