PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KIT HIDROSTATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEKANAN ZAT CAIR PADA SISWA SMP


Maliasih, Maliasih (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KIT HIDROSTATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEKANAN ZAT CAIR PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411101-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA materi tekanan zat cair di SMP Negeri 1 Puring selama ini baru sebatas pemaparan contoh. Alat peraga untuk menjelaskan konsep tekanan zat cair di laboratorium sebagian sudah rusak dan hilang beberapa bagiannya. Pengembangan alat peraga kit hidrostatis beserta LKS diperlukan agar siswa lebih memahami konsep tekanan zat cair. Konsep tekanan zat cair yang abstrak menjadi lebih kongkret dengan adanya kit hidrostatis, dan LKS digunakan sebagai petunjuk praktikum. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kelayakan alat peraga kit hidrostatis beserta LKS sebesar 3,61 , dikategorikan sangat layak digunakan, (2) Konsep tekanan zat cair dijelaskan dengan metode demonstrasi menggunaka alat peraga kit hidrostatis dan pemahaman konsep siswa meningkat, (3) Pemahan konsep siswa meningkat dengan nilai N-Gain sebesar 0,65 kategori sedang. Dengan demikian, alat peraga kit hidrostatis beserta LKS layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman konsep tekanan zat cair siswa SMP. All this time, the material about fluid pressure in Natural Science learning process in SMPN 1 Puring is only exposure examples. Properties to explain the concept of fluid pressure in the laboratory are partially damaged and vanished. Hydrostatic kit properties and students’ worksheets perfection is needed so that the students understand more about the concept of fluid pressure. The abstract concept of fluid pressure become more concrete as is hydrostatis kit, and students’ worksheets is used as a lab work guideline. The research shows that: (1) the expedience of hydrostatic kit properties and students’ worksheets is 3.61, it is categorized as very properly used, (2) The concept of fluid pressure can be explained by demonstration method using hydrostatic kit and students’ concept understanding is increasing, (3) students’ concept understanding is increasing by NGain value is 0.65 moderate category. So, hydrostatic kit properties and students’ worksheets is properly used and can increase the Junior High School students’ understanding about the concept of fluid pressure.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, tekanan zat cair, kit properties, fluid pressure, kit,
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:26
Last Modified: 14 Nov 2015 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22470

Actions (login required)

View Item View Item