PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)


Fani Risdiyani, 7211411182 (2015) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 7211411182-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur disebabkan karena adanya konflik kepentingan antara prinsipal dan agen. Penerapan konsep konservatisme akuntansi dimaksudkan untuk mengurangi konflik antara prinsipal dan agen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance, leverage, pertumbuhan perusahaan dan financial distress terhadap konservatisme akuntansi. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2013. Metode analisis data penelitian ini dengan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS 21 for windows. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, leverage, pertumbuhan perusahaan dan financial distress berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Pengujian parsial menunjukan kepemilikan institusional, leverage, pertumbuhan perusahaan dan financial distress berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sementara itu, kepemilikan manajerial dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi Simpulan dari penelitian ini yaitu dengan meningkatnya kepemilikan saham institusional, leverage, pertumbuhan perusahaan dan financial distress akan membuat perusahaan menjadi lebih konservatif. Perusahaan menjadi lebih konservatif untuk dapat mengurangi konflik kepentingan yang terjadi dalam perusahaan, dengan begitu perusahaan akan dapat mencapai tujuannya dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi. Mekanisme Good Corporate Governance, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Financial Distress.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:25
Last Modified: 14 Nov 2015 00:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22468

Actions (login required)

View Item View Item