PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA


Heny Yuliana Astuti , 4201411121 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411121-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains khususnya fisika seharusnya lebih menekankan pemberian pengalaman langsung untuk memahami alam sekitar secara ilmiah. Penggunaan bahan ajar yang belum mengoptimalkan keikutsertaan siswa menyebabkan siswa tidak dapat memaksimalkan kemampuan berpikir. Discovery Learning melibatkan secara maksimal kemampuan berpikir dalam menemukan sendiri konsep fisika sehingga siswa tidak mudah percaya terhadap apa yang belum dibuktikan kebenarananya. Metode Discovery Learning diintegrasikan dalam bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk bahan ajar berbasis Discovery Learning dan mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa setelah menggunakan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) rancangan, (3) pengembangan produk. Desain uji coba menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk one-Group pretestposttest design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Juwana. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1. Tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan ajar diuji menggunakan angket dan tes rumpang. Analisis deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan. Data peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui hasil pretest dan posttest. Analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan bahan ajar berbasis Discovery Learning menggunakan uji gain dan menunjukkan kriteria sedang. Uji kelayakan menunjukkan bahan ajar berbasis Discovery Learning dalam kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar mudah dipahami. Bahan ajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji gain memperoleh hasil 0,43 pada kategori sedang. Science learning especially physics should emphasize the provision of direct experience to understand about scientific nature. Less maximizing student‟s participation in learning can be due to the use of teaching materials that have not been to optimize the ability to think. Discovery Learning involves the maximum ability to think in finding its own concept of physics so that students do not easily believe it. Discovery Learning methods are integrated in the teaching materials to enhance student's thinking skills. This research aimed to obtain products based teaching materials Discovery Learning and determine the increase student's critical thinking after using teaching materials. This research uses R & D with research procedures include: (1) introduction, (2) design, (3) product development. Design trials using Quasi-Experimental Design with the form of a one-group pretest-posttest design implemented in SMA Negeri 1 Juwana. The subjects were students of class X MIA 1. Level of feasibility and readability of teaching materials were tested using questionnaires and tests hiatus. Descriptive analysis of the percentage used to determine the feasibility and readability of materials. Data improvement of student's critical thinking skills obtained through pretest and posttest. Analysis of the increase in critical thinking skills after using a Discovery Learning based teaching materials test and demonstrate criteria gain medium. Feasibility test showed Discovery Learning teaching materials based on the criteria very fit for use as a medium of learning. Readability test showed that the teaching material is easy to understand. Teaching materials can enhance the critical thinking skills of high school students. Analysis of the increase in the student's critical thinking skills test to obtain gain of 0.43 results in the medium category.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis. teaching materials, Discovery Learning, critical thinking skills.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:22
Last Modified: 14 Nov 2015 00:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item