PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA FLOW CARD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PEKALONGAN


Devi Dwi Ariani, 4301411053 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA FLOW CARD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411053-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitan eksperimen ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media flow card terhadap keterampilan proses sains siwa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan yang diterapkan di SMA Negeri 4 Pekalongan pada tanggal 20 April-14 Mei 2015. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest and posttest control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media flow card sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata- rata pihak kanan, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Aspek afektif dan keterampilan proses sains, dianalisis secara deskriptif. Hasil uji perbedaan rata-rata pihak kanan memperlihatkan thitung keterampilan proses sains sebesar 2,91 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,99. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien korelasi biserial (rb) hasil keterampilan proses sains sebesar 0,411, sedangkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media flow card sebesar 16,89% terhadap keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media flow card berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri; Keterampilan Proses Sains; Media Flow Card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:21
Last Modified: 14 Nov 2015 00:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22466

Actions (login required)

View Item View Item