PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA KIMIA BERBASIS ASESMEN OTENTIK DENGAN ESTIMASI RELIABILITASNYA MENGGUNAKAN PROGRAM GENOVA


Siti Nur Suwaibah, 4301411088 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA KIMIA BERBASIS ASESMEN OTENTIK DENGAN ESTIMASI RELIABILITASNYA MENGGUNAKAN PROGRAM GENOVA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411088-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penilaian merupakan hal yang penting terkait dengan kualitas pembelajaran. Perbaikan metode penilaian perlu dilakukan guna meningkatkan mutu pembelajaran. Asesmen kinerja merupakan salah satu alternatif penilaian praktikum dalam pelajaran kimia, yang menilai kinerja proses dan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja yang merupakan bagian dari asesmen otentik untuk menilai kinerja siswa pada praktikum kimia materi hidrolisis garam yang memenuhi syarat valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development, R & D). Tahap pengembangan ini meliputi define, design dan develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Semarang. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan penilaian tiga orang ahli. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji reliabilitas menggunakan teori generalibilitas berbantuan program GENOVA. Hasil penelitian diperoleh instrumen asesmen kinerja yang valid menurut penilaian ahli. Uji reliabilitas instrumen diperoleh besarnya koefisien reliabilitas yang tinggi masing-masing instrumen penilaian kinerja proses dan produk sebesar 0,83 dan 0,87. Profil hasil penilaian kinerja praktikum siswa menunjukkan bahwa secara umum hampir seluruh siswa menunjukkan kinerja yang baik, dilihat dari kinerja proses dan kinerja produk. Hasil angket tanggapan siswa dan pengguna/guru menunjukkan bahwa instrumen mendapatkan tanggapan positif. Hasil penelitian ini instrumen asesmen kinerja praktikum kimia materi hidrolisis garam yang valid, reliabel, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: asesmen kinerja; GENOVA; hidrolisis garam; inter rater reliability; teori generabilitas.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:26
Last Modified: 14 Nov 2015 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22465

Actions (login required)

View Item View Item