MEDIA ILLUSTRASI “OKSRED” BERBASIS PBL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA N 1 SUBAH PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI


Yulista Setya Kanthi, 4301411045 (2015) MEDIA ILLUSTRASI “OKSRED” BERBASIS PBL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA N 1 SUBAH PADA MATERI REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411045-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan tanggapan siswa serta guru terhadap penggunaan media illustrasi “oksred” sebagai sarana pembelajaran kimia. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Desain ini menggunakan Three-D Models yaitu Define, Design, and Develop. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung persentase rata-rata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa media illustrasi “oksred” memperoleh persentase rata-rata skor validasi sebesar 3,5 sehinga dinyatakan layak secara teoretis. Media illustrasi “oksred” sangat baik digunakan dalam pembelajaran kimia karena memiliki persentase rata-rata skor tanggapan siswa sebesar 93,16 dengan kriteria sangat baik dan persentase rata-rata skor tanggapan guru sebesar 90 dengan kriteria sangat baik. Selain itu, aktivitas belajar siswa menggunakan media illustrasi “oksred” memperoleh persentase rata-rata skor diatas 8,91 dengan kriteria sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan media illustrasi “oksred” layak digunakan pada pembelajaran kimia yang mengaktifkan siswa pada materi oksidasi dan reduksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa; Media Illustrasi Oksred; Pembelajaran Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:17
Last Modified: 14 Nov 2015 00:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22463

Actions (login required)

View Item View Item