DETERMINAN RISK MANAGEMENT DISCLOSURE (RMD) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI


Dyah Atmi Fittrias Tuti , 7211411175 (2015) DETERMINAN RISK MANAGEMENT DISCLOSURE (RMD) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211411175-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kasus perusahaan Enron dan WorldCom membuat stakeholder semakin meragukan relevansi laporan keuangan, sehingga diperlukan sumber informasi lain yang juga mengungkapkan informasi bukan keuangan. Agency theory dan teori stakeholder menunjukkan, pihak manajemen harus melakukan pertangungjawaban kepada pemilik dan pihak di luar perusahaan. Signaling theory juga menjelaskan, RMD diperlukan agar tidak terjadi asimetri informasi antara pihak manajemen terhadap pemilik dan pihak luar perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan memberi bukti empiris pengaruh ukuran perusahaan terhadap kepemilikan institusional, leverage, dan ukuran dewan, pengaruh kepemilikan institusional terhadap kepemilikan manajerial, pengaruh kepemilikan manajerial terhadap leverage, dan pengaruh kepemilikan institusional dan leverage terhadap ukuran dewan, serta kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, leverage dan ukuran dewan terhadap RMD. Populasi penelitian ini adalah 30 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2009-2013. Teknik pemilihan sampel dengan random sampling. Sampel yang terpilih secara acak adalah sebanyak 20 perusahaan perbankan. Unit analisis sampel untuk tahun 2009-2013 sebanyak 100 annual report. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat pengaruh signifikan ukuran perusahaan terhadap kepemilikan institusional dan ukuran dewan, namun ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap leverage. Kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap kepemilikan manajerial. Kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap leverage. Leverage berpengaruh signifikan terhadap ukuran dewan, akan tetapi kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap ukuran dewan. Ukuran dewan, kepemilikan manajerial, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap RMD. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap RMD. Implementasi RMD pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2009- 2013 kurang lengkap dan optimal, namun tingkat RMD pada bank di Indonesia relatif tinggi. Dengan demikian, perusahaan perbankan hendaknya meningkatkan ukuran perusahaan, ukuran dewan, dan leverage, serta menurunkan kepemilikan manajerial untuk meningkatkan RMD, sehingga fraud yang dapat terjadi dalam perusahaan dapat diminimalisir.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: RMD, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan, Leverage, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:20
Last Modified: 14 Nov 2015 00:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22462

Actions (login required)

View Item View Item