PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI PHYSLET DALAM PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Agus Efendi, 4201411122 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI PHYSLET DALAM PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1778Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah keterbatasan alat peraga dalam menjelaskan konsep-konsep fisika yang abstrak sehingga diperlukan media simulasi. Salah satu media simulasi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah Physlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan simulasi Physlet pada pembelajaran konseptual interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Desain dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design jenis posttest only control group design. Populasi penelitian meliputi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menerapkan pembelajaran konseptual interaktif dengan Physlet dan Kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan menerapkan pembelajaran konseptual interaktif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan penggunaan simulasi physlet pada pembelajaran konseptual interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Tingkat penguasaan konsep berada dalam kategori baik, untuk kelas eksperimen sebesar 77% dan kelas kontrol sebesar 72%. . Untuk keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 75% dan kelas kontrol sebesar 68%. Dengan tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran konseptual interaktif dengan simulasi physlet pada kelas eksperimen sebesar 89% dan proses pembelajaran konseptual interaktif pada kelas kontrol sebesar 87%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran konseptual, Physlet, penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis.
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: risma nur unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 19:17
    Last Modified: 13 Nov 2015 19:17

    Actions (login required)

    View Item