REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA MELALUI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) PADA MATERI SUHU DAN KALOR


Riska Lebdiana , 4201411123 (2015) REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA MELALUI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVEEXPLAIN) PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411123-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang mempunyai pemahaman yang salah tentang konsep suhu dan kalor. Guru bertanggung jawab untuk meluruskan kesalahpahaman konsep siswa sehingga siswa dapat terhindar dari miskonsepsi. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran agar siswa dapat memahami konsep dengan baik. PredictObserve-Explain (POE) digunakan untuk mendeteksi dan meremediasi miskonsepsi siswa pada materi yang bersifat abstrak menjadi materi yang bersifat konkrit. Bahan ajar menjelaskan mengenai konsep-konsep materi suhu dan kalor, sedangkan LKS untuk membuktikan secara empiris konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi konsep-konsep yang lebih konkrit. Melalui validasi pakar, pengembangan Bahan Ajar dan LKS dinyatakan berkualitas sangat baik dengan tingkat kevalidan 88%, 90% dan 98%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi berkurang pasca dilakukan tindakan remediasi pada materi suhu dan kalor dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari 27,2% menjadi 98%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis POE dapat meremediasi miskonsepsi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: POE, suhu dan kalor, miskonsepsi.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:09
Last Modified: 14 Nov 2015 00:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22457

Actions (login required)

View Item View Item