APLIKASI SOFTWARE R, AMOS, DAN LISREL UNTUK ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN JENIS ALAT KONTRASEPSI TERHADAP JUMLAH PENDUDUK DAN KEPADATAN PENDUDUK DI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2014


Inarotul Ulya, 4112312019 (2015) APLIKASI SOFTWARE R, AMOS, DAN LISREL UNTUK ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN JENIS ALAT KONTRASEPSI TERHADAP JUMLAH PENDUDUK DAN KEPADATAN PENDUDUK DI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112312019-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidak ada pengaruh penggunaan alat kontrasepsi terhadap jumlah penduduk dan kepadatan penduduk di Kabupaten Pemalang tahun 2014 menggunakan software R, AMOS dan LISREL, mengetahui besar pengaruh pada penggunaan alat kontrasepsi terhadap jumlah penduduk dan kepadatan penduduk di Kabupaten Pemalang tahun 2014 menggunakan software R, AMOS dan LISREL, serta mengetahui software yang paling baik digunakan dalam menganalisis permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, untuk populasinya penggunaan jenis alat kontrasepsi pada masyarakat Kabupaten Pemalang tahun 2014, sampelnya diambil 3 sampel dari 7 sampel jenis alat kontrasepsi pada masyarakat Kabupaten Pemalang tahun 2014, variabel yang digunakan yaitu terdiri dari 3 variabel bebas (jenis alat kontrasepsi Pil, IUD, dan suntik) dan 2 variabel terikat (jumlah penduduk dan kepadatan penduduk), untuk metode pengumpulan data menggunakan metode metode literatur, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis pengaruh penggunaan jenis alat kontrasepsi terhadap jumlah penduduk dan kepadatan penduduk di Kabupaten Pemalang tahun 2014 menggunakan software R, AMOS, dan LISREL, ketiga software menunjukkan hasil yang sama, yaitu ada pengaruh pada penggunaan alat kontrasepsi terhadap jumlah penduduk dan kepadatan penduduk di Kabupaten Pemalang tahun 2014. Besar pengaruhnya, lebih besar pengaruh terhadap jumlah penduduk yaitu 93,4 % sedangkan terhadap kepadatan penduduk hanya 18 %. Software yang baik digunakan yaitu software R, karena pada software R dapat menggunakan laptop/ komputer tipe 32 Bit dan 64 Bit, dalam uji asumsi klasik software R dapat melakukan semua uji asumsi klasik, pada cara install nya tidak memerlukan kode license, dan data yang digunakan dalam melakukan uji regresi ganda terdiri dari data excel, SPSS, minitab, dan STATA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: R, AMOS, LISREL, Regresi Ganda, Alat Kontrasepsi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:10
Last Modified: 14 Nov 2015 00:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22456

Actions (login required)

View Item View Item