IMPLEMENTASI METODE GROUP INVESTIGATION BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Riska Pujayanti, 4301411087 (2015) IMPLEMENTASI METODE GROUP INVESTIGATION BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411087-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan metakognisi siswa dengan menerapkan metode group investigation berbasis inkuiri. Sampel yang digunakan sebanyak dua dari lima kelompok dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes uraian bermuatan konsep dengan indikator metakognisi. Penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest group design. Analisis data instrumen tes menggunakan uji N-gain dan uji t, sedangkan angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uji N-gain, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mengalami peningkatan sedang dengan nilai masing-masing 4,45 dan 0,33. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 5,774 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,998, yang berarti ada perbedaan rata-rata yang signifikan dimana hasil posttest siswa kelompok eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil posstest kelompok kontrol. Indikator memilih operasi/prosedur yang dipakai mengalami peningkatan tertinggi. Hasil angket metakognisi siswa menunjukkan 63,16% metakognisi siswa kelompok eksperimen sudah berkembang baik sedangkan kelompok kontrol hanya 36,11%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Inkuiri, Metakognisi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:17
Last Modified: 14 Nov 2015 00:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item