ANALISIS PERUBAHAN KONSEPSI MAHASISWA JURUSAN FISIKA DALAM MATERI TERMODINAMIKA TOPIK ENTROPI


Atief Intan Safitri, 4201411143 (2015) ANALISIS PERUBAHAN KONSEPSI MAHASISWA JURUSAN FISIKA DALAM MATERI TERMODINAMIKA TOPIK ENTROPI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411143-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Termodinamika merupakan bagian ilmu fisika yang menyajikan konsepkonsep dasar tentang pengaruh kalor pada sistem dan lingkungan. Salah satu topik dalam termodinamika adalah entropi. Kenyataan yang terjadi di lapangan, mahasiswa tidak memahami secara menyeluruh dan mendalam konsep dan materi entropi. Konsepsi dalam diri mahasiswa ini mampu bertahan atau berubah selaras bertambahnya waktu. Untuk mengetahui konsepsi dan perubahannya setelah selang waktu satu tahun, dilakukan penelitian kualitatif kepada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang yang telah menempuh mata kuliah Termodinamika. Pada tahap awal, digunakan metode observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data awal berupa hasil ujian akhir semester responden. Dari hasil observasi dan dokumentasi, sebanyak 23 mahasiswa mengerjakan ulang soal yang serupa dengan soal ketika ujian akhir semester. Dari hasil tes tertulis, diambil 11 responden yang mengalami perubahan konsepsi untuk diwawancara. Kegiatan wawancara dilakukan untuk memperjelas jawaban mahasiswa dan mencari tahu lebih banyak tentang faktor perubahan konsepsi yang terjadi pada mahasiswa. Telah diperoleh pola-pola jawaban dan bentuk perubahan konsepsi mahasiswa dalam konsep dan materi entropi. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman mahasiswa yang cenderung menurun terhadap konsep entropi selaras dengan bertambahnya waktu. Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perubahan konsepsi ini meliputi pemahaman yang kurang mendalam ketika pembelajaran, pemahaman yang terpisah-pisah (terfragmentasi), apresiasi konseptual, rendahnya minat membaca, dan pembelajaran yang tidak mendalam dan menyeluruh. Thermodynamics as a part of physics science that presents basic concepts of heat-effect to system and sourrondings. One topic in thermodynamics is entrophy. The reality is, students do not understand the whole and deep concept and entrophy material. This conception can hold out or change along with the increasing of the time. To know its construct and the change after a year, it is done a qualitative research to the physics education students of Semarang State University that have passed through Thermodynamics lecture. At the beginning stage, it is used observation method and documentation to get the beginning data in the form of final examination result of respondents. From observation and documentation, 23 students redo the questions that same with their final examination. From the result of written test, it is taken 11 respondents that experience the construct change to be interviewed. The interview activity is done to make the students answer clearer and to know more about construct change factors that happen to the students. It has been gotten answer patterns and the shape of students construct change in concept and material of entrophy. The happening construct change is descending, it means that the students understanding to the construct concept is descending along with the increasing of the time. Factors that cause the appear of this construct include the less deep understanding in teaching and learning process, the separated understanding (fragmented), conceptual appreciation, the less of interest in reading, and the teaching and learning that does not deep and comprehensive.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsepsi, Perubahan Konsepsi, Entropi. Conception, Conception Change, Entrophy.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:01
Last Modified: 14 Nov 2015 00:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22451

Actions (login required)

View Item View Item