PENGARUH PROFITABILITAS, DEBT TO EQUITY RATIO, KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN KUALITAS AUDITOR TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di BEI)


Cosmos Tri Nugroho Putro, 7211411164 (2015) PENGARUH PROFITABILITAS, DEBT TO EQUITY RATIO, KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN KUALITAS AUDITOR TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di BEI). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211411164-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Laporan keuangan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengambil keputusan. Dengan demikian, ketepatan waktu diidentifikasi sebagai salah satu ciri dari informasi dalam pelaporan keuangan. Untuk mencapai tujuan ini, laporan keuangan harus tersedia tepat waktu untuk menginformasikan pengambilan keputusan. Kegunaan laporan keuangan terganggu jika mereka tidak tersedia untuk pengguna dalam jangka waktu yang wajar setelah tanggal pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, debt to equity ratio, kepemilikan publik dan kualitas auditor terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 sampai 2013. Berdasarkan hasil purposive sampling terpilih 37 perusahaan property & real estate, dengan jumlah sampel yang di obervasi yaitu 111 laporan keuangan tahunan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan yang digunakan adalah regresi logistik dengan alat analisis IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, kepemilikan publik tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, kualitas auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Simpulan dalam penelitian ini adalah variabel profitabilitas dan kualitas auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan. Dua variabel lainnya tidak berpengaruh secara signifikan, yaitu debt to equity ratio dan kepemilikan publik. Saran dalam penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan indikator lain seperti opini audit, ukuran perusahaan, dan likuiditas, serta memperluas sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketepatan Waktu, Profitabilitas, Debt to Equity Ratio, Kepemilikan Publik, Kualitas Auditor.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:07
Last Modified: 14 Nov 2015 00:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22449

Actions (login required)

View Item View Item