PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAREJO KABUPATEN BLORA


Zulfa Nur Kamila, 7101410204 (2015) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAREJO KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410204-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan pencapaian siswa setelah melalui berbagai macam proses belajar dan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dan kegagalan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Banjarejo Blora turun terun menerus. Hal ini diduga karena adanya pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan motivasi belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjarejo Blora. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjarejo Blora yang berjumlah 62 Siswa, pengambilan sampel ini menggunakan metode proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis jalur secara simultan (uji F) dan parsial pada level signifikan 5%. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar berpengaruh positif. Untuk pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Disiplin Belajar yang baik akan menunjang hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Sedangkan pengaruh secara tidak langsung yaitu melalui variabel motivasi belajar terhadap Hasil belajar, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Ini berarti memperlihatkan bahwa motivasi belajar mempunyai peran dalam mempengaruhi hasil belajar. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah disiplin belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar. disiplin belajar dan lingkungan keluarga juga berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu bagi siswa diharapkan untuk meningkatkan disiplin dalam belajar. Bagi orang tua agar senantiasa memperhatikan anaknya dalam belajar. Diharapkan pula kerjasamanya dari guru bidang studi IPS Terpadu dan orang tua siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara memberi motivasi siswa agar lebih giat lagi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:03
Last Modified: 14 Nov 2015 00:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22448

Actions (login required)

View Item View Item